PERAN KELOMPOK KERJA GURU

Gaung BERMUTU saat ini sebagai bentuk kepanjangtanganan proses membelajarkan guru yang digagas pemerintah seiring berkembangnya tuntutan mutu guru. Tentunya banyak sarana yang dapat digunakan oleh para guru untuk memberdayakan diri, baik melalui kegiatan individu maupun kegiatan-kegiatan kolektif.

KKG adalah wadah pengembangan profesional guru yang dilaksanakan secara kolektif. Keberlangsungan kegiatan KKG dari “masa ke masa” selalu dihadapkan pada beberapa permasalahan. Salah satu hal yang paling ironis bahwa para guru tidak merasa memiliki dan bahkan cenderung apatis terhadap isi program KKG.

Munculnya Program KKG BERMUTU yang digagas pemerintah melalui kerjasama dengan Bank Dunia dan Pemerintah Belanda merupakan hal yang mendapat respon positif dari kalangan para guru. Apalagi kalau dihubungkan dengan peran guru dalam konteks keindonesiaan di tahun-tahun mendatang. Hal dimaksud adalah bahwa peran profesional guru sebagai aktor intelektual dalam pembelajaran perlu senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan.

Melalui Program KKG BERMUTU para guru melaksanakan kegiatan membelajarkan diri sehubungan dengan kebutuhannya sebagai guru. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008, Pasal 1 yang menyatakan bahwa : “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.”

Kebutuhan guru dalam rangka menata profesinya tidak hanya dihadapkan pada tugas utama seperti diamanatkan dalam peraturan tersebut. Selain tugas utama sebagai pendidik profesional, guru juga dituntut untuk peka terhadap berbagai perubahan dan dinamika kehidupan. Sikap sensitive terhadap kemajuan teknologi (TIK) merupakan hal yang tidak bias dianggap “tabu”

Dilihat dari isi programnya, Program KKG BERMUTU merupakan ramuan program yang mampu memenuhi kebutuhan profesional para guru. Proses penataan kompetensi yang dilaksanakan secara bertahap dan berkesinambungan (profesional continouos development) melalui kegiatan KKG BERMUTU telah dirasakan oleh para guru.

One thought on “PERAN KELOMPOK KERJA GURU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s